SHinee yang digawangi oleh Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2008 ini
merupakan boyband yang berasal Korea Selatan. Penampilan pertama mereka adalah pada 25 Mei 2008 dalam acara Popular Songs di SBS dengan membawakan single pertamanya yang berjudul “Nunan Neomu Yeppeo atau Replay”.
Album mini pertama Shinee ‘Replay’ masuk ke urutan nomor 10 tangga lagu Korea sebelum terhenti di urutan nomor delapan. Album ini terjual 17.957 kopi pada paruh pertama tahun 2008.
Single pertama yang dikeluarkan dari album The Shinee World berjudul “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” yang pernah dibawakan oleh Martin Hoberg Hedegaard dengan judul “Show the World”. Lagu “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” mulanya diciptakan oleh tim produksi dan penulis lagu asal Denmark yang terdiri dari Thomas Troelsen, Remee, dan Lucas Secon.
Pada 18 September 2008, Shinee’s “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” menjadi lagu nomor satu di M! Countdown. Beberapa hari kemudian, Shinee menerima penghargaan “Mutizen” untuk single “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)” di acara SBS Popular Songs.
Selanjutnya, Shinee ikut serta dalam “Festival Lagu Asia ke-5′, dan mendapat penghargaan “Artis Baru Terbaik” bersama grup penyanyi wanita Berryz Kobo.
Pada 30 Oktober 2008, Shinee merilis album Amigo yang merupakan pengemasan ulang dari album The Shinee World. Di dalam album Amigo dimasukkan tiga lagu baru: “Forever or Never”, remix dari “Sa. Gye. Han (Love Should Go On)”, dan single promosi
“A.Mi.Go (Amigo)” . “A.Mi.Go” adalah singkatan dari frasa berbahasa Korea: “Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda”
Pada 15 November 2008, Shinee memenangi penghargaan “Artis Pria Pendatang Baru Terbaik” di Festival Musik MNET KM ke-10, menyisihkan pendatang baru lainnya seperti U-Kiss, 2PM, 2AM, dan Mighty Mouth.
Pada upacara penyerahan tahunan Golden Disk Awards ke-23, Shinee membawakan lagu-lagu secara medley, “Nunan Neomu Yeppeo (Replay)”, “Sanso Gateun Neo (Love Like Oxygen)”, dan “A.Mi.Go (Amigo)”.
  •  

  • Lee Jinki (이진기), tanggal lahir: 14 Desember 1989 (umur 20) , dikenal dengan nama panggung: Onew (온유). Ia adalah pemimpin Shinee sekaligus anggota tertua, bakatnya ditemukan dalam audisi “2006 S.M. Academy Casting”.[31] Onew bekerja sama dengan Lee Hyun Ji, mantan anggota Banana Girl untuk lagu Hyun Ji, “Vanilla Love”.[32]
  • Kim Jonghyun (김종현), tanggal lahir: 8 April 1990 (umur 20), umum dikenal sebagai Jonghyun adalah vokalis utama Shinee.[33] Ia ditemukan ketika mengikuti audisi “2005 S.M. Casting System”.[31] Sebelum bergabung dengan Shinee, Jonghyun pernah berduet bersama Zhang Liyin menyanyikan lagu “Wrongly Given Love” (交错的爱) untuk album pertama Zhang Liyin, I Will.[31]
  • Kim Kibum Key (김기범), tanggal lahir: 23 September 1991 (umur 18), dikenal dengan nama panggung Key (키) adalah vokalis dan salah seorang rapper Shinee.[31] Ia adalah atlet ski air di Sekolah Menengah Dae Gu Young Shin.[34] Bakatnya ditemukan ketika mengikuti audisi “2005 S.M. National Tour Audition Casting”.[31] Sebelum bergabung dengan Shinee, Key dimunculkan sebagai figuran dalam film Super Junior, Attack on the Pin-Up Boys.[35] Key juga menjadi bintang tamu untuk rekan sesama perusahaan rekaman bernama Xiah untuk album solo “Xiahtic”.[36]
  • Choi Minho (최민호), tanggal lahir: 09 Desember 1991 (umur 18) atau biasa dikenal sebagai Minho bertugas sebagai rapper Shinee. Ia ditemukan dalam audisi “2006 S.M. Casting System”.[31] Sebelum bergabung dengan Shinee, Minho adalah model produk busana “Seoul Collection F/W 08-09″ dari Ha Sang Baek pada Maret 2008.[2]Ia juga muncul dalam video musik “Gee” dari Girls’ Generation.[37]
  • Lee Taemin (이태민), tanggal lahir: 18 Juli 1993 (umur 16), umum dikenal sebagai Taemin adalah penari utama sekaligus anggota termuda Shinee.[33] Ia juga ditemukan sewaktu mengikuti audisi “2005 S.M. Open Weekend Audition Casting “.[31] Pernah berakting dalam komedi situasi MBC TaeHee HyeGyo JiHyun (태희혜교지현이) sebagai Junsu.